Sabun Mandi yang Cocok untuk Kulit Kering dan Bersisik serta Tips Mengatasi Kulit Kering

Sabun Mandi yang Cocok untuk Kulit Kering dan Bersisik serta Tips Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering dan bersisik merupakan gangguan kulit yang sering dialami semua orang. Cara mengatasi kondisi ini adalah dengan menggunakan produk atau melakukan kebiasaan yang dapat mengembalikan kelembaban kulit alami. Sebab, kulit yang kering dan bersisik terjadi karena lapisan luar kulit rusak dan kehilangan kelembabannya.

Penyebab hilangnya kelembaban kulit alami sangat beragam, bisa karena terpapar sinar matahari jug bahan kimia keras, efek obat-obatan, serta karena penyakit tertentu, seperti psoriasis, dermatitis, bahkan kanker. Selain menggunakan sabun mandi yang cocok untuk kulit kering dan bersisik, berikut cara lain yang bisa Anda ikuti.

Tips Mengatasi Kulit Kering

Menggunakan Sabun Mandi Tanpa Kandungan Bahan Kimia Keras

Untuk mengatasi kulit kering dan bersisik agar tidak semakin parah, maka Anda harus memilih sabun mandi yang tepat. Salah satu produk berkualitas yang bisa Anda andalkan yaitu Lifebuoy. Formula khusus sabun cair dari Lifebuoy mengandung kebaikan alami susu dan oat yang membuat kulit halus dan lembut.

Formula ini juga dirancang khusus maka ringan bagi kulit dan efektif menjaga kulit supaya tetap sehat serta terlindung dari kuman. Manfaat yang terkandung didalamnya juga bisa memberikan keseimbangan perlindungan dan perawatan bagi semua jenis kulit, termasuk kulit kering dan bersisik.

Menggunakan Krim Pelembab

Penggunaan pelembab yang berjenis krim juga bisa menjadi salah satu solusi untuk memberikan kelembutan ekstra bagi tipe kulit kering. Pelembab ini harus digunakan secara rutin, terutama saat beraktivitas di ruangan ber-AC.

Namun, gunakan krim pelembab yang tidak mengandung pewangi atau bahan aktif yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Bahan alami yang baik untuk melembapkan kulit seperti minyak zaitun, minyak jojoba, dan petrolatum.

Hindari Mandi Air Panas

Air panas bisa menghilangkan kelembaban kulit, membuat kulit kering, bersisik, serta terlihat kusam. Untuk membuat kulit tetap lembab, biasakan untuk mandi dengan air bersuhu normal atau sedikit lebih hangat dari air keran di rumah. Selain itu, batasi waktu mandi menggunakan air hangat tidak lebih dari 5-10 menit.

Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Lembut

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan produk perawatan yang tepat. Gunakan produk perawatan kulit yang lembut serta bebas pewangi. Anda bisa memilih produk pembersih yang lembut dan bebas alergen. Jika membeli produk perawatan kulit, pastikan berlabel bebas pewangi, tidak mengandung alkohol, dan hipoalergenik.

Konsumsi Ikan dan Biji Rami

Cara tradisional yang  bisa Anda coba salah satunya adalah dengan mengonsumsi ikan dan biji rami. Ikan dan biji rami mempunyai kandungan asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, asam lemak esensial berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel di kulit.

Perbanyak Minum Air Putih

Asupan air putih yang cukup juga bisa menjadi cara menjaga agar kulit tetap sehat dan lembab. Faktanya ada 64% kulit kita terdiri dari air. Jadi jika kurang minum air, maka kulit akan menjadi kering, bersisik, dan mudah mengalami kerutan. Cukupi kebutuhan cairan Anda dengan minum sedikitnya 8 gelas per hari.

Tips diatas merupakan langkah yang mudah diterapkan dan terbukti efektif jika Anda konsisten. Prinsipnya, semakin awal menjaga kulit tetap lembap dan sehat, maka semakin jauh juga resiko kulit kering dan bersisik. Dengan begitu, penuaan dini juga bisa semaksimal mungkin dihindari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *