Studi Ford: Interior Berpemanas Menghemat Energi Mobil Listrik

Temperatur adalah salah satu musuh terbesar mobil listrik.

Suhu baterai harus dijaga untuk mencapai performa terbaik, selain menjaga penumpang mobil tersebut tentunya.

Dalam upaya menemukan cara yang lebih efisien untuk mengatur suhu kabin supaya lebih hangat di negeri empat musim, Ford melakukan eksperimen untuk mencoba sistem HVAC tradisional atau panel interior berpemanas.

Mitsubishi Indonesia Buka Peluang Pasarkan Mobil Listrik Sakura dan eK X EV Pengujian difokuskan pada mobil listrik van E-Transit untuk membuat bagaimana menjaga kabin mobil tetap hangat dengan pintu yang sering dibuka.

Ford juga membandingkan van biasa yang menjalankan HVAC dan van yang dimodifikasi sehingga hampir seluruh permukaan bantalan pemanas tersembunyi.

Permukaan bantalan di interior mobil yang dimaksud adalah kursi, sandaran kepala, sandaran tangan, panel pintu, pelindung matahari, penutup kolom kemudi bawah, dan alas lantai.

Perbaiki Kualitas Udara Jakarta, Ketua DPRD Sebut Pemerintah DKI Wajib Berikan Subsidi Mobil Listrik Hasil pengujian Ford adalah panel berpemanas berhasil menggunakan energi 13 persen lebih sedikit untuk menjaga kenyamanan kabin.

Ford mengatakan bahwa penghematan listrik bahkan dapat meningkatkan jarak tempuh hingga 5 persen.

Menurut Ford, setiap kali pintu van mobil pengiriman terbuka, banyak udara hangat segera hilang.

Tapi ketika pemanas mobil hanya memanaskan udara secara khusus malah seperti kembali ke titik awal.

Dengan memanaskan berbagai permukaan di dalam kabin, sebagian besar akan tetap hangat.

Bahkan dengan pintu dibuka sehingga energi yang hilang berkurang.

Tes Ford membuktikan bahwa lebih banyak permukaan yang dikontrol suhu dapat memberikan peningkatan efisiensi pada mobil listrik.

Pemasok suku cadang otomotif ZF tekah mengungkapkan desain untuk sabuk pengaman berpemanas yang bisa membantu menjaga penggunaan energi tetap rendah.

Produsen mobil mewah BMW dan Mercedes-Benz sudah bertahun-tahun menawarkan sandaran tangan berpemanas, selain jok dan roda kemudi.

Tentu saja, harga mobil menjadi lebih mahal.

Namun, harga mobil listrik belum terlalu murah bisa saja teknologi itu diterapkan.

AUTOBLOG | JOBPIE Pilihan Editor: Mobil Listrik Esemka di IIMS 2023 Mirip SWM X30L EV Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *