Ketahui 3 Cara Mudah Bayar Denda Tilang Elektronik Melalui BCA

Ketahui 3 Cara Mudah Bayar Denda Tilang Elektronik Melalui BCA

Salah satu jenis pelanggaran yang paling sering terjadi di Indonesia adalah pelanggaran lalu lintas. Hal ini mendorong pihak keamanan yakni Polisi, melakukan inovasi dalam upaya peningkatan penertiban pelanggaran lalu lintas. Inovasi yang telah dilakukan dan saat ini telah berjalan adalah Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang digunakan untuk membantu pihak Polisi untuk melakukan pengawasan arus lalu lintas setiap hari. Apabila seseorang tertangkap kamera tengah melanggar aturan lalu lintas, maka dikenakan sanksi berupa denda yang harus dibayar, yakni denda tilang elektronik. Jika Anda salah satu pengemudi yang terkena denda tilang elektronik dan ingin segera membayar denda, maka simak 3 cara bayar denda tilang elektronik berikut ini.

Perlu diketahui bahwa denda tilang tidak hanya berlaku bagi setiap pengemudi yang tertangkap oleh kamera pengawas. Tetapi denda juga berlaku bagi pengemudi yang terjaring razia langsung yang dilakukan oleh pihak Kepolisian di jalan raya. Maka, baik tilang elektronik maupun tilang offline dari razia Polisi, sistem pembayaran yang akan digunakan sama. Terkait hal ini, pembayaran denda tilang dilakukan melalui layanan BCA dengan 3 cara, yakni KlikBCA, ATM BCA, dan melalui kantor cabang BCA.

Sebelum melakukan pembayaran denda tilang elektronik, maka perlu untuk mendapatkan kode billing dengan menggunakan data yang tertulis pada berkas tilang yang diberikan oleh pihak kepolisian. Cara mendapatkan kode billing tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Membuka laman tilang kejaksaan .
  2. Memasukkan nomor berkas tilang pada kolom yang tersedia.
  3. Muncul nominal denda yang akan dibayarkan.
  4. Menentukan tanggal pengambilan barang bukti.
  5. Klik menu bayar.
  6. Kode pembayaran E-Tilang akan muncul.
  7. Catat kode untuk melakukan pembayaran melalui rekening BCA.

Setelah mendapatkan kode billing, maka Anda dapat segera melakukan pembayaran. Adapun 3 cara bayar denda tilang elektronik seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Cara yang pertama yang dapat digunakan adalah melalui KlikBCA dengan langkah sebagai berikut :

  • Menyiapkan gadget dan KeyBCA.
  • Melakukan login ke KlikBCA dan memilih menu “pembayaran”.
  • Pilih menu “pajak”, dan setelah itu pilih jenis pajak “Penerimaan Negara”.
  • Anda akan memperoleh kode billing maka masukkan kode tersebut dan klik “lanjutkan”.
  • Lakukan cek detail data yang muncul pada halaman konfirmasi pembayaran pajak.
  • Memasukkan respon KeyBCA APPLI 1 dan kemudian klik “kirim”.
  • Pembayaran sudah berhasil dilakukan.
  • Lakukan penyimpanan bukti pembayaran dengan klik “simpan” atau “cetak”.

Cara di atas cukup mudah dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan pun. Namun, jika Anda ingin melakukan pembayaran yang disertai dengan bukti pembayaran langsung yang sah dikeluarkan oleh pihak bank, maka cara lain untuk membayar denda tilang ini adalah dengan mengunjungi kantor cabang BCA yang terdekat dengan posisi atau tempat tinggal Anda. Anda dapat mengunjungi teller dengan membawa bukti denda tilang elektronik dari pihak kepolisian.

Atau jika Anda tidak ingin repot dengan mengunjungi kantor cabang namun ingin membayar denda akan tetapi tidak memiliki KlikBCA atau KlikBCA Bisnis, Anda juga dapat melakukan pembayaran melalui ATM BCA terdekat. Adapun cara pembayaran denda tilang elektronik melalui ATM BCA :

  • Masukkan kartu ATM BCA ke dalam Mesin ATM.
  • Masukkan PIN ATM.
  • Silahkan memilih menu “transaksi lainnya”.
  • Lanjutkan dengan memilih menu “pembayaran”.
  • Selanjutnya pilih menu “MPN/Pajak”.
  • Pilihlah menu “Penerimaan Negara”.
  • Masukkanlah 15 digit kode billing dan pilih “benar”.
  • Perhatikan kembali detail transaksi dan jika sudah sesuai, pilih “ya”
  • Transaksi telah berhasil dilakukan dan jangan lupa menyimpan struk ATM sebagai bukti pembayaran.

Demikianlah 3 cara bayar denda tilang elektronik yang cukup mudah untuk dilakukan. Agar terhindar dari denda tilang baik secara online maupun offline, maka Anda perlu memperhatikan cara berkendara dan mematuhi seluruh peraturan lalu lintas. Selalu gunakan layanan BCA untuk mempermudah Anda untuk melakukan pembayaran denda hingga tagihan. Perlu diingat, apabila Anda telah melakukan pembayaran dengan 3 cara di atas, maka Anda cukup menyimpan bukti pembayaran dan tidak perlu mendatangi kantor kejaksaan. Karena dengan membayar denda, maka secara otomatis pelanggaran yang telah Anda lakukan telah dicabut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *