Mengetahui Perbedaan Haji Plus dan Reguler

Mengetahui Perbedaan Haji Plus dan Reguler

Setiap muslim tentu saja ingin diberikan kemudahan dan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji. Karena, haji adalah salah satu rukun islam yang mempunyai keutamaan besar.  Karena besarnya keutamaan haji, apalagi kedudukannya sebagai salah satu dari rukun islam, maka sudah seharusnya sebagai seorang muslim yang mempunyai kemampuan fisik serta finansial untuk melaksanakan ibadah ini.

Sebelum menunaikan ibadah haji, tentu saja harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebab pelaksanaan haji diatur oleh pemerintah. Ketika mendaftar haji, Anda akan diberikan 2 pilihan paket, yakni haji plus dan haji reguler. Untuk jelasnya, simak perbedaannya dibawah ini.

Apa Saja Perbedaan Haji Plus dan Reguler?

Masa Tunggu Haji

Untuk masa tunggu keberangkatan, dengan mendaftar haji plus maka Anda akan memperoleh masa tunggu keberangkatan maksimal 15 tahun, sedangkan untuk haji reguler masa tunggu sampai 31 tahun keberangkatan.

Fasilitas Penginapan dan Penerbangan

Jika Anda mendaftar haji plus, maka bisa berangkat haji dengan fasilitas penginapan dan penerbangan yang lebih nyaman. Misalnya untuk fasilitas penginapan berupa hotel bintang 5 di Makkah dan Madinah yang terletak di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi.

Sedangkan untuk haji reguler maka Anda akan menginap di hotel yang sudah ditentukan oleh pemerintah sesuai dengan kloter dan jarak hotel Masjidil Haram maksimal 3-5 Km.

Untuk jamaah dengan program haji plus tentu saja jumlah orang dalam satu kamar terbatas maksimal 4 orang, juga ada 2 orang dan 3 orang saja. Sedangkan untuk haji reguler berisi 5 orang dan tidak bisa memilih teman sekamar.

Untuk fasilitas penginapan, khusus haji plus memperoleh fasilitas tanpa transit, sementara haji reguler penerbangannya wajib transit baik di Jeddah atau di Madinah.

Fasilitas Wukuf

Untuk fasilitas wukuf, jamaah dengan paket haji plus juga akan memperoleh tenda VIP dengan fasilitas tambahan seperti karpet lembut, toilet, juga buffet. Sementara untuk haji reguler hanya memperoleh fasilitas seperti tenda dengan fasilitas AC, karpet, dan catering yang sudah disediakan.

Selain itu, jamaah haji reguler akan memperoleh penginapan yang berjarak sampai 2 km dari lokasi lempar jumrah. Sementara untuk jamaah haji plus akan mendapatkan penginapan di lokasi yang hanya berjarak 500 meter dari lokasi lempar jumrah.

Pihak Penyelenggara

Untuk penyelenggara paket haji reguler adalah pemerintah dengan melalui kementerian agama, sementara untuk haji plus diselenggarakan oleh pihak tertentu yang biasa disebut dengan travel haji. Jumlah petugas dari masing-masing program haji juga harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pemerintah.

Nah, setelah membaca perbedaan di atas, tentu Anda sudah memahami perbedaan yang paling mendasar antara haji plus dan haji reguler. Walaupun terbilang lebih mahal, orang dengan kemampuan finansial baik tentu saja memilih paket haji plus dibandingkan harus menunggu waktu keberangkatan yang biasanya sangat lama saat memilih paket haji reguler.

Untuk Anda yang ingin mendaftar haji plus, maka bisa menggunakan jasa dari PT. Alhijaz Indowisata yang sudah mempunyai izin legal dan resmi nomor 112 tahun 2018 dari Kementerian Agama. Sesudah mendaftar, Anda bisa langsung memperoleh nomor porsi haji untuk keberangkatan 5-6 tahun ke depan.

Dengan semua kenyamanan yang bisa Anda dapatkan, jadi tunggu apalagi? Mari bergabung dengan Alhijaz Indowisata untuk menunaikan ibadah haji yang mabrur. Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya mengenai haji plus, maka Anda bisa mengunjungi website www.haji.plus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *